VISI MISI SD NEGERI 01 DOROREJO

 

VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH

1.      VISI  

Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan,yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. Negeri 01 Dororejo Kecamatan  Doro merumuskan dan menetapkan visi serta mengembangkannya.

            Visi SD Negeri Dororejo:

 Unggul dalam Prestasi, Berbudi Luhur, Kreatif, Peduli Lingkungan berdasarkan IPTEK dan IMTAQ.

 

2.      MISI

 

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau harus dilaksanakan sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu tertentu untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. SD Negeri 01 Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan merumuskan dan menetapkan misi serta mengembangkannya.

Misi SD Negeri 01 Dororejo:

·         Meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang optimal;

·         Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang aktif ,kreatif dan efektif;

·         Menumbuhkan semangat kerja warga sekolah;

·         Mengembang potensi anak sesuai dengan bakat dan kemampuannya;

·         Menanamkan budaya peduli sesama dan budi pekerti yang luhur;

·         Meningkatkan kepedulian ramah lingkungan,

·         Menubuhkan Inovasi Teknologi;

·         Menanamkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT;

 

3.      TUJUAN SEKOLAH

       Tujuan pendidikan adalah gambaran tingkat kualitas yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu maksimal 4 (empat) tahun oleh setiap satuan pendidikan dengan mengacu pada karakteristik dan/atau keunikan setiap satuan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. SD Negeri 01 Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, merumuskan dan menetapkan tujuan serta mengembangkannya.

 

Tujuan Jangka Pendek  SD Negeri 01 Dororejo Kecamatan Doro Pekalongan, secara   umum adalah:

 

a.       Meningkatnya hasil belajar siswa;

b.      Lulsan dapat diterima di sekolah Vavorit;

c.       Semua Lulusan dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya;

d.      Santun dalam berbudi dan saling menghormati;

e.       Dapat mengikuti perkembangan teknologi secara positif;

f.       Peduli lingkungan sekitar.

 

Tujuan Jangka Menengah SD Negeri 01 Dororejo :  

a.       Tercpainya pemenuhan sarana prasarana;

b.      Terpenuhinya tenaga PTK;

c.       Tearciptanya  budaya kerja yang kondusif;

d.      Tertatanya lingkungan sekolah yang bersih, sehat, aman dan nyaman.

e.       Terciptanya budaya saling menghormati dilingkungan sekolah.

Tujuan Jangka Panjang SD Negeri 01 Dororejo :

a.         Terwujudnya prestasi yang optimal oleh semua warga sekolah.

b.         Terciptanya suasana santun , saling menghormati dan saling menghargai antar komponen sekolah.

c.         Terciptanya keseimbangan antara IQ , EQ dan SQ.

d.        Terwujudnya suasana yang sejuk , nyaman , sehat dan indah.

 

C.    Gerakan  Penumbuhan  Budi  Pekerti  ( GPBP )

Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti ( GNBP) di masa Pandemi  COVID-19 ini dilaksanakan  di rumah, sejalan dengan kegiatan Belajar Dari Rumah  (BDR) dan di sekolah dengan Tatap Muka / Luring.

1.         Penumbuhan Budi Pekerti Pembiasaan Harian :

a.     Membersihkan lingkungan sekolah dari limbah fisik dan visual;

b.    Santun dalam berbicara, bersikap, dan berperilaku;

c.    Memberi salam, senyum, dan sapaan kepada setiap orang di komunitassekolah;

d.   Berpakaian sopan sesuai norma dan budaya nasional dan/atau lokal;

e.    Menggunakan sumber daya sekolah (air, listrik, dsb.) secara efisien untuk mencegah berbagai bentuk pemborosan;

f.     Mengurangi penggunaan plastik/bahan lain yang tidak mudah terurai.

g.    Mematikan lampu dan semua alat yang menggunakan listrik saat tidak diperlukan;

h.    Mematikan kran air saat tidak diperlukan;

i.      Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan;

j.      Membersihkan sanitasi seperti toilet, wastafel, kamar mandi, dan/atau saluran air sekolah;

k.    Menjaga ketertiban dan kenyamanan layanan sekolah;

l.      Menyanyikan lagu-lagu bermuatan moral;

m.  Setiap warga sekolah menjenguk warga sekolah lainnya yang mengalami musibah, seperti sakit, kematian, dan sebagainya;

n.    Siswa membiasakan membuat skala prioritas kebutuhan sesuai dengan tingkat kepentingannya; dan

o.    Siswa membiasakan diri untuk memiliki tabungan dalam berbagai bentuk (misalnya bank, celengan,  dan sejenisnya).

 

2.         Penumbuhan Budi Pekerti Pembiasaan Mingguan :

a.    Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dengan berpakaian seragam sekolah;

b.    Melaksanakan Apel kedisiplinan setiap hari Kamis dengan berpakaian seragam batik ikon Pekalongan;

c.    Melaksanakan senam sehat berkarya anti narkoba (SSBAN) bersama setiap hari Rabu dan Jumat;

d.   Pemeriksaan kebersihan pakaian, gigi, kuku, rambut oleh Usaha Kesehatan Sekolah

e.    Menyelenggarakan kantin yang memenuhi standar kesehatan; dan

f.     Melaksanakan kegiatan ecobrick dan bank sampah bekerja sama dengan dinas kebersihan setempat.

 

3.         Penumbuhan Budi Pekerti Pembiasaan Bulanan :

a.     Gerakan menjaga dan merawat tanaman di lingkungan sekolah.

b.    Melaksanakan kerja bakti;

c.    Penataan ruang  kelas sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas, menjaga dan merawat tanaman di lingkungan sekolah;

d.    Penataan ruang kelas sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas;

e.    Sekolah menyediakan ruang publik untuk berkreasi siswa secara bebas dan bertanggung jawab.

 

4.         Penumbuhan Budi Pekerti Pembiasaan Tengah Tahunan :

a.     Melaksanakan kerja bakti untuk lingkungan sekitar sekolah.

b.    Melaksanakan berbagai jenis lomba antar kelas.

c.    Memelihara bangku kelas dan fasilitas sekolah lainnya agar selalu tetap bersih dari coretan dalam bentuk apapun.

 

5.         Penumbuhan Budi Pekerti Pembiasaan Tahunan :

a.     Memperingati hari besar nasional dan keagamaan.

b.    Melaksanakan kerja bakti bersama warga lingkungan sekitar sekolah.

c.     Melaksanakan pentas seni dan/atau pameran karya siswa.

d.   Mengikuti kegiatan perlombaan dan festival di luar sekolah baik tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, atau nasional.        

Tujuan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti (GPBP)

1.         Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi warga sekolah

2.         Menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter sejak di sekolah.

3.         Menjadikan pendidikan sebagai gerakan yang melibatkan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan keluarga.

4.         Menumbuhkembangkan lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat, dan keluarga.

5.         Menumbuhkan Budaya Mutu di sekolah.

 

 

 

 

D.    Gerakan Literasi Sekolah ( GLS )

Sekolah Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui  membaca buku sebelum pelajaran dimulai selama 15 menit.

 

Tujuan Gerakan Literasi Sekolah(GLS)

Gerakan Literasi Sekolah bertujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Bentuk Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 01 Dororejo antara lain :

1.      Membaca 15 menit setiap hari sesuai kesepakatan sekolah.

2.      Mengelola sudut baca di dalam kelas.

3.      Satu peserta didik satu buku sastra.

4.      Wajib Kunjung Perpustakaan Sekolah.

5.      Membaca Buku Cerita dan menceritakan kembali cerita yang dibaca.

6.      Mading Kelas yang terbit seminggu sekali.

 

 

Komentar